Lentera Web

8 Jenis Backlink Dalam SEO, Paling Populer dan Banyak Dicari

jenis backlink paling populer dalam seo

Jenis backlink dalam SEO paling populer – Salah satu factor pendukung keberadaan web atau website kita dalam Search Engine Results Page (SERP) ialah back-link. Malah, membuat sebuah back-link dipandang seperti hal yang fundamental saat membuat web yang SEO-friendly. Karena itu, wajib hukumnya untuk para pemilik blog atau website untuk mengenali beragam jenis backlink hingga halaman web mereka makin mempunyai potensi untuk ada di halaman pertama mesin pencari.

Sebelum mengulas beberapa macam backlink, kita perlu mengenali apakah itu back-link. Simpelnya, backlink ialah link keluar pada situs lain yang mengarah pada web pribadi kita. Biasanya, backlink terpasang oleh website lain yang mendapatkan sumber atau referensi dari website kita.

8 Tipe Backlink

Ada 8 jenis backlink yang dapat dipakai untuk optimasi web kita di mesin perayap. Ada baiknya, 8 backlink ini dipakai secara bersamaan hingga  web kita dapat berjalan dengan optimal.

1. Contextual Backlink

Contextual backlink ini benar-benar sederhana dan gampang dibikin. Triknya adalah, Anda cukup menulis artikel atau post, selanjutnya selipkan link keluar ke arah web kita. Biasanya, contextual back-link ini dipakai jika ada sisi dari content atau artikel yang mengarah atau mengambil sumber dari web kita.

2. Website Comment Backlink

Tipe backlink ini memakai feature kotak komentar dari website atau blog seseorang untuk memasukkan link web kita. Tetapi, tidak sembarangan website atau blog bisa menjadi fasilitas ‘promosi’ backlink ini. Web sebagai sasaran kita untuk lakukan backlink sebaiknya mempunyai topik yang berkaitan dengan web kita. Disamping itu, makin sedikit orang yang turut memberi komentar di web itu, makin tinggi kesempatan web kita disaksikan oleh pengunjung web itu.

3. Link Profil Backlink

Backlink ini termasuk gampang untuk didapat. Triknya, kita membuat profile, baik itu sosial media, situs usaha kita, directory industri atau situs ulasan. Selanjutnya, kita isi biodata profile kita, termasuk alamat blog atau website yang kita punyai. Akhirnya, jadilah back-link web atau website kita dari link profile yang kita punyai.

4. Social Bookmark Backlink

Social bookmark backlink sebagai satu basis atau tempat untuk menyimpan beberapa link web. Tipe backlink ini sangat terkenal, hingga umum terjadi spamming back-link melalui lalu lintas pengunjung yang tidak biasa. Hasilnya, pemakai harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketetapan yang lumayan rumit.

Baca Juga :   Pengertian Landing Page dan Fungsinya

5. Blogroll Backlink

Blogroll backlink sangat terkenal di kelompok blogger lawas, lebih tepatnya user Blogspot atau WordPress. Di halaman blog atau website, ada sidebar yang berisi kelompok blogroll dari pengunjung. Sayang, feature blogroll tak lagi dipakai sekarang ini karena web harus bersih dari widget yang tidak diperlukan.

6. Dokumen atau Gambar Share Link

Dokumen atau Gambar Share link ini memakai feature seperti share dokumen atau gambar untuk memperoleh backlink. Sudah pasti, document atau gambar yang diletakkan harus diupload dahulu supaya bisa tersambung dengan web kita. Saat editing document, masukan saja link ke arah web kita. Dan saat mengupload gambar, kita langsung bisa masukkan web kita di kolom deskripsi gambar itu.

7. Social Media Backlink

Tipe backlink ini memakai account sosial media kita untuk memperoleh backlink ke blog atau website kita. Sama seperti dengan link profil backlink, kita dapat memakai kolom deskripsi ataupun kolom profile untuk menyimpan alamat web kita. Seperti di Instagram Lentera Web, kita dapat memakai feature scroll up untuk menyimpan link website dan mendapat backlink didalamnya.

8. Footer Backlink

Jika kalian ialah freelancer atau blogger yang mengerjakan project di web orang lain, kalian dapat menempatkan link website atau blog kalian di footer web itu. Sudah pasti, web yang kalian simpan backlink nya harus dioptimalkan dahulu sehingga dapat mendapatkan kunjungan traffic yang optimal. Sayangnya, footer backlink ini tak lagi dipakai karena dirasa kurang efisien.

Itulah 8 jenis backlink dalam SEO yang dapat dipakai untuk mengoptimalkan performa blog atau website kita sehingga memungkinkan peluang muncul di halaman pertama mesin penelusuran google. Tentu saja, ke-8 backlink itu harus dipakai secara variatif hingga dapat menghasilkan nilai SEO yang optimal.