Lentera Web

Rekomendasi Tools AI untuk Permudah Pekerjaan Digital

rekomendasi tools ai terbaik

Rekomendasi tools AI untuk permudah pekerjaan digital – Kedatangan ChatGPT pada tahun 2023 telah membuat teknologi kecerdasan buatan (AI) kembali menjadi populer. Hal ini memicu tren yang tidak dapat dihindari untuk memulai menggunakan berbagai tools canggih berbasis AI.

Saat ini, kita hanya memiliki dua pilihan, yakni patuh dan mengubah cara kerja kita, atau mengintegrasikan AI untuk menyelesaikan tugas secara efisien. Karena semua orang tidak ingin tertinggal, maka satu-satunya cara untuk memanfaatkan AI dan mencapai produktivitas yang tinggi adalah dengan mengintegrasikannya dengan baik.

ChatGPT telah mendapatkan popularitas yang luas, tetapi dia bukan satu-satunya pilihan. Dia harus membayar untuk panggilan antarmuka yang mahal dan biaya pelatihan model, yang tidak semua orang mampu membelinya.

Apa itu AI?

Untuk memulai pembahasan tentang artificial intelligence alias AI, kita perlu mengenal konsep dasarnya terlebih dahulu. Secara sederhana, AI adalah program komputer yang diciptakan untuk meniru cara berpikir manusia yang cerdas. Dengan kata lain, AI dapat diprogram untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Pada umumnya, teknologi AI menggunakan Machine Learning (ML) sebagai dasar kerjanya. Ini berarti, AI belajar dari data yang telah diberikan sebelumnya dan dapat berkembang secara dinamis dari versi sebelumnya. Seperti yang dilaporkan oleh Spice Works, konsep ini memungkinkan AI untuk terus belajar dari pengalamannya sebelumnya dan meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu.

Rekomendasi Tools AI atau Artificial Intelligence

Tak hanya perusahaan besar, AI juga disediakan oleh perusahaan untuk bisa kamu gunakan. Seperti Chat GPT, semua tools AI ini memberikanmu pengalaman baru tentang kreatifitas dan kecanggihan teknologi. Berikut beberapa rekomendasi tools AI selain chat GPT yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan pekerjaan digital :

AI untuk Membuat Konten

1. Copy.ai

Copy.ai adalah sistem yang menyediakan template yang sangat kuat, di mana Anda dapat memilih dan mencari template untuk jenis tulisan yang Anda butuhkan. Selain deskripsi umum dan pembuatan resume, Copy.ai juga mendukung banyak kategori utama dan subkategori alat produktivitas dokumen dengan jumlah yang besar.

tools ai, copy ai

Selain template dan alat canggih, Copy.ai juga menyediakan kotak dialog AI seperti ChatGPT, yang memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa transaksi dalam mode obrolan.

Copy.ai juga mendukung kerja tim, sehingga Anda dapat mengundang mitra untuk bekerja sama menyelesaikan tugas. Saat ini, kami telah mencoba hanya menggunakan fungsi versi gratis.

Baca Juga :   Cara Mencari Backlink Dengan Footprint yang Benar

2. QuillBot

Rekomendasi tools ai yang berikutnya adalaha QuillBot. Tools yang masuk  sebagai alat parafrase ini sangatlah berguna. Kita bisa menulis dengan menghindari plagiarisme langsung, lalu menulis ulang kalimat atau paragraf tanpa menghilangkan maknanya.

Dengan QuillBot, Anda cukup menyalin teks ke dalam aplikasinya, dan algoritma AI akan memberikan berbagai opsi pengulangan untuk dipilih. Ini akan membantu siapa saja yang ingin mempertahankan orisinalitas dan menghindari konten duplikat.

Namun, QuillBot bukan hanya alat parafrase semata. Alat ini juga menyediakan berbagai fitur lain yang dapat meningkatkan kemampuan menulis. Fitur pendeteksian nada, kompresi kalimat, dan fitur koreksi tata bahasa dapat mengubah tulisan dari biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Bahkan, QuillBot dapat menetapkan target penulisan sesuai dengan kebutuhan Anda, dan memberikan saran yang disesuaikan untuk membantu Anda mencapai target tersebut.

Anda tidak perlu mendaftar untuk menggunakan QuillBot. Cukup buka aplikasinya, salin teks ke dalamnya, lalu klik “Parafrase” untuk menganalisis konten Anda.

Jika Anda merasa puas dengan fitur dasarnya, Anda dapat meningkatkan ke akun Premium melalui peningkatan akun. Akun Premium akan memberikan akses ke fitur yang lebih canggih, seperti integrasi dengan Google Docs dan algoritma AI yang lebih canggih.

3. Surfer

Surfer menggunakan teknologi AI untuk membantu meningkatkan dan memelihara konten pada situs web. Jika Anda memiliki situs web yang berisi konten, keberadaannya bisa terancam oleh kurangnya tautan internal, kata kunci yang kurang tepat, dan lain sebagainya.

Surfer dapat memberikan ide konten mingguan dan menghasilkan garis besar yang bisa Anda gunakan sebagai panduan dalam menulis. Anda dapat mencoba Surfer selama 7 hari secara gratis, namun untuk melanjutkan penggunaan setelahnya, Anda perlu menautkan kartu kredit Anda.

4. Grammarly

Grammarly adalah aplikasi yang memeriksa tata bahasa dan struktur teks secara menyeluruh. Setelah mengunggah teks ke situs web mereka, Grammarly akan menggunakan alat analisis AI untuk memberikan saran tentang ejaan, tata bahasa, dan bahasa yang digunakan, apakah itu formal, percaya diri, atau ramah. Jika Anda berlangganan paket berbayar, Grammarly juga menawarkan saran penulisan ulang lengkap, membantu meningkatkan kualitas tulisan Anda.

Selain fitur sebagai Saas online, Grammarly juga memiliki aplikasi asli dan ekstensi browser, yang dapat membantu Anda secara real-time saat mengetik konten baru. Grammarly sangat cocok bagi mereka yang bekerja dengan bahasa Inggris.

5. Wordtune

Wordtune mengambil langkah lebih maju dari Grammarly. Anda hanya perlu menyalin teks ke situs web mereka dan kemudian akan muncul daftar koreksi dan saran di sebelah kanan layar. Wordtune dapat melakukan ini untuk bagian apa pun dari teks yang Anda sorot dan menawarkan opsi pilihan dalam daftar tarik-turun.

Baca Juga :   Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Murah

Wordtune juga memiliki tombol gaya “Santai” atau “Formal” untuk mengontrol gaya konten Anda. Selain itu, ada juga tombol “Mempersingkat” dan “Memperluas” yang berguna untuk mengompres atau memperluas konten saat ini.

6. Jasper.ai

Jasper merupakan salah satu perusahaan terkenal dalam produksi konten menggunakan teknologi AI. Aplikasi Jasper dibangun dengan menggabungkan dua perangkat lunak penulisan AI, yaitu Headlime dan Shortly. Jasper.AI menyediakan platform pembuatan konten all-in-one yang dapat membantu dalam pembuatan posting blog, laporan, email, atau cerita, serta mampu menjelaskan topik yang kompleks, membuat ringkasan, dan bahkan menghasilkan ilustrasi yang dapat dipadukan dengan teks.

Untuk menggunakan Jasper, pengguna harus membayar biaya bulanan sebesar 40 dolar dan dapat mencoba layanan tersebut selama beberapa hari. Namun, pengguna harus memiliki kartu kredit untuk mencoba layanan tersebut.

AI untuk Pengolahan Gambar

1. DALL·E 2

DALL·E 2 adalah rekomendasi tools AI pengolah gambar yang paling populer. Merupakan salah satu produk dari OpenAI, yang juga merupakan perusahaan yang sama dengan ChatGPT. Fungsinya adalah untuk menghasilkan gambar yang realistis dan artistik dari deskripsi yang diberikan.

Misalnya, ketika Anda menuliskan deskripsi tentang “sebuah anjing berwarna putih dengan pita merah”, DALL·E 2 akan menghasilkan gambar sesuai dengan deskripsi tersebut. AI ini dapat menggabungkan atribut, konsep, dan gaya untuk menciptakan gambar digital yang keren.

2. Neural.love

Neural.love adalah aplikasi berbasis web untuk mengubah teks menjadi gambar. Kontrol atas hasil gambar yang dihasilkan tergantung pada kosakata yang digunakan untuk mendeskripsikan gambar. Dengan memberikan detail tentang komposisi, pencahayaan, warna, atau efek gambar, model AI akan menghasilkan gambar yang berbeda-beda.

Selain kemampuan membuat gambar, Neural.love juga menawarkan fitur-fitur seperti:

  • Pembuat Avatar yang dapat membantu Anda membuat avatar yang memuaskan.
  • Fitur Uncrop Image yang dapat menghilangkan bagian yang tidak perlu dari gambar.
  • Fitur penyempurnaan video, audio, dan gambar untuk meningkatkan resolusi dan kejelasan konten.
  • Fitur Hasilkan Potret untuk membantu membuat gambar potret yang berkualitas tinggi dan realistis dalam bentuk lukisan, sketsa, atau sumber artistik lainnya.

3. GFP-GAN

GFP-GAN merupakan kependekan dari Generative Facial Prior-Generative Adversarial Network. Alat AI gratis ini dapat membantu Anda memperbaiki foto lama dengan cepat atau melakukan restorasi gambar. Dengan menggunakan GFP-GAN, gambar lama yang pudar dapat di-retouch untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jelas.

Dikembangkan oleh Tencent, GFP-GAN bekerja dengan menggabungkan informasi dari dua model AI untuk mengisi detail foto yang hilang. Dengan demikian, GFP-GAN dapat membantu Anda menghidupkan kembali kenangan lama dengan hasil yang lebih nyata.

Baca Juga :   Manfaat dan Kelebihan Google Ads dan Facebook Ads Untuk Bisnis

AI untuk Pengolahan Video

1. Synthesia

Synthesia memungkinkan Anda untuk membuat video yang terlihat seperti di dalamnya ada orang sungguhan. Anda dapat memilih avatar dari perpustakaan karakter yang tersedia dari seluruh dunia, menambahkan teks, dan memutar videonya.

rekomendasi tools ai synthesia

Platform ini dapat secara otomatis mengubahnya menjadi video dengan orang sungguhan yang terlihat seolah-olah berada di lokasi yang ditentukan. Selain itu, pengguna dapat menambahkan teks, grafik, musik latar, dan elemen lainnya ke dalam video.

2. Beautiful.ai

Jika kamu perlu membuat presentasi yang kreatif secara teratur, gunakanlah Beautiful.ai. Nama aplikasinya saja sudah menggambarkan betapa hebatnya alat ini dalam menciptakan slide presentasi yang menakjubkan hanya dalam beberapa menit.

Kamu hanya perlu memasukkan konten dan pesan yang ingin disampaikan, dan Beautiful.ai akan menggunakan pustaka template dan tata letak yang sudah mereka siapkan. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan unsur seni dari desain Photoshop atau Sketch serta memilih font dari perpustakaan Typekit.

3. Lumen5

Jika DALL·E 2 menciptakan gambar, maka Lumen5 adalah alat AI (kecerdasan buatan) gratis untuk membuat video secara online. Lumen5 menyediakan berbagai template dan format yang dapat digunakan untuk membuat konten.

Lumen5 bekerja dengan membuat urutan video berdasarkan gambar dan transkrip yang diimpor. Selain itu, AI ini menawarkan rangkaian gambar dan klip video eksklusif yang dapat dimasukkan ke dalam rekaman buatanmu.

AI untuk Pengolahan Audio

1. Lalal.ai

Lalal.ai adalah sebuah platform AI gratis daring yang dapat membantu dalam pengolahan audio. Dengan alat ini, kamu dapat menghilangkan vokal, memisahkan audio dalam musik, dan mengekstrak batang audio dengan tepat.

tools ai Lalal ai

Dengan bantuan Lalal.io, kamu dapat menghilangkan instrumen seperti drum, bass, piano, instrumental, dan gitar akustik, serta melakukan sintesis trek tersebut. AI ini dapat menghasilkan kualitas audio yang sama dengan suara aslinya.

Kesimpulan

Sebagai manusia yang hidup di era AI, penggunaan teknologi AI untuk membantu pekerjaan sehari-hari sudah menjadi suatu keharusan. Selain dapat menghemat waktu dan memicu ide baru, AI juga dapat memberikan perspektif yang berbeda. Namun, perlu diingat bahwa AI tidak dapat sepenuhnya menggantikan peran manusia saat ini. Kita masih harus mengandalkan kemampuan otak dan penilaian pribadi untuk melakukan pekerjaan, setidaknya sampai AI benar-benar dapat menggantikan peran manusia (yang diperkirakan masih jauh di masa depan).

Selain itu, penting untuk diingat bahwa semua teknologi AI dapat mengumpulkan informasi. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati saat menggunakan AI dalam hal-hal yang bersifat pribadi atau rahasia. Jangan biarkan AI membantu Anda dalam semua konten yang ingin Anda rahasiakan, karena ada risiko kebocoran data.

Di atas adalah beberapa contoh luar biasa beberapa rekomenasi tools AI  yang tersedia di pasaran. Tentu saja, selalu ada kemungkinan terdapat alat AI yang lebih baik dan lebih banyak lagi. Namun, perlu waktu dan eksplorasi dari masyarakat untuk mengetahui dan menggunakan alat AI tersebut.